Unpar Buka Kembali Jalur UTBK Gelombang II dan USM 4

0
116


Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hingga 22 Agustus 2021 bagi para siswa-siswi yang telah mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 dan memiliki nilai UTBK. Selain itu, Unpar kembali membuka Ujian Saringan Masuk (USM) pada 4–10 Agustus 2021.

Pendaftaran sebagai peserta jalur UTBK Gelombang II dan USM-4 Unpar ini dibuka untuk semua program studi dan peminatan S-1 dan D-3 melalui laman pmb.unpar.ac.id. Melalui laman tersebut, peserta dapat melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Adapun persyaratan umum kedua jalur tersebut yaitu memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di Unpar dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Unpar apabila nanti dinyatakan lulus seleksi khusus jalur UTBK dan lulus SMA. Kemudian dapat memilih sampai tiga pilihan program studi. Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3.

Dokumen yang diperlukan calon mahasiswa yang berminat masuk Unpar melalui jalur nilai UTBK dan USM mesti menyiapkan beberapa berkas yang harus diunggah, antara lain fotokopi akta kelahiran, sertifikat perolehan hasil UTBK, surat keterangan jurusan SMA (surat keterangan lulus) atau legalisasi ijazah SMA untuk siswa yang bersekolah di sekolah internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA). Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisasi ijazah beserta fotokopi rapor kelas 1 hingga kelas 3.

Terakhir, menyertakan surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro dan fotokopi rapor kelas X – XII yang telah dilegalisasi.

Alur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru seleksi khusus jalur UTBK dan jalur USM-4, peserta mendaftar melalui laman Unpar di pmb.unpar.ac.id, masukkan email. Cek email untuk melakukan aktivasi dan mengisi data pendaftaran. Peserta bisa mengikuti langkah-langkah pengisian yang ada.

Usai mengisi data pendaftaran, cetak bukti pendaftaran yang di dalamnya terdapat nomor billing sebagai identitas pembayaran di bank. Kemudian melakukan pembayaran di Bank BRI dan OCBC NISP sesuai dengan billing, program Sarjana sebesar Rp 250.000 dan program D-3 sebesar Rp 150.000.

Selanjutnya, unggah berkas pendaftaran terdiri dari surat keterangan sekolah, akta kelahiran, surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis mata (untuk Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro). Cetak kartu ujian. Saat pelaksanaan ujian, peserta wajib membawa kartu ujian. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di laman unpar.ac.id. Setelah dinyatakan lolos seleksi, peserta wajib melunasi biaya studi dan melakukan registrasi.

8 program baru Unpar

Mendekatkan kurikulum dengan kebutuhan nyata industri pun disajikan dalam 8 program peminatan terbaru Unpar, yaitu Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB Unpar dengan mengirimkan pesan pada e-mail admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655 atau info lebih lanjut di akun @unparofficial (Instagram) dan @unpar (Official Line). (Kantor Admisi & Pemasaran Unpar). [AYA]

Universitas Katolik Parahyangan adalah salah satu universitas swasta pertama di Indonesia berdiri sejak 1955 berkomitmen untuk menjadi komunitas akademik yang humanum untuk dibaktikan kepada masyarakat. Website : www.unpar.ac.id



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here