Perencanaan Sistem Polder Kota Lama Semarang

1
657

Perencanaan Sistem Polder Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan potensi yang besar bagi Kota Semarang di bidang pariwisata, mengingat Kota Semarang saat ini kekurangan daya tarik akibat minimnya tempat berwisata atau berekreasi. Namun saat ini sebagian besar wilayahnya mengalami banjir dan rob. Hal ini disebabkan oleh faktor alamiah seperti penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub. Selain itu, perilaku masyarakat juga menjadi penyebab Kota Lama tergenang diantaranya seperti manajemen pertumbuhan kota yang kurang baik, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi atau menghentikan penggunaan air tanah, mengurangi pembangunan bangunan baru yang memiliki massa besar sehingga menyebabkan tanah akan terkonsolidasi, serta kesadaran dari masyarakat untuk memelihara dan merawat Kota Lama dengan baik.

Secara umum, banjir yang dialami Kota Lama lebih dikarenakan air yang berada dalam Kota Lama tidak dapat keluar secara gravitasi menuju ke Kali Semarang atau kali Baru dan rob akibat air laut pasang menggenangi wilayah kota Lama. Sistem drainase sistem polder merupakan salah satu solusi penanggulangan banjir yang terjadi di Kota Lama Semarang.

Sistem polder adalah sistem penanganan drainase perkotaan dengan cara mengisolasi daerah yang dilayani (catchment area) terhadap masuknya air dari laur sistem baik berupa limpasan (overflow) maupun aliran di bawah permukaan tanah (gorong-gorong dan rembesan), serta mengendalikan ketinggian muka air banjir di dalam sistem sesuai dengan
rencana kebutuhan. (Al falah,2008).

Drainase sistem polder ini dapat digunakan apabila penggunaan drainase sistem gravitasi sudah tidak memungkinkan lagi walaupun biaya investasi dan operasinya lebih mahal.
Drainase sistem polder akan digunakan untuk kondisi sebagai berikut:

  • Elevasi/ketinggian muka tanah lebih rendah dari elevasi muka air laut pasang.
  • Elevasi/ketinggian muka tanah lebih rendah dari elevasi muka air banjir sungai yang merupakan outlet dari saluran drainase kota.
  • Daerah yang mengalami penurunan (land subsidence) sehingga daerah yang semula lebih tinggi dari muka air laut pasang atau muka air banjir di sungai menjadi lebih rendah.

Berikut merupakan komponen-komponen sistem polder.

Perencanaan Sistem Polder Kota Lama Semarang

Keterangan:

  1. Pintu air
  2. Tanggul
  3. Stasiun pompa
  4. Kolam retensi
  5. Jaringan saluran drainase
  6. Saluran kolektor

Secara garis besar komponen utama sistem polder adalah pompa, kolam retensi, internal drainase saluran, serta tanggul.
Perencanaan pompa harus diperhatikan mengenai tinggi tekan pompa dan pengaruh kehilangan tenaga yang akan mempengaruhi daya pompa yang dibutuhkan.

Secara garis besar komponen utama sistem polder adalah pompa, kolam retensi, internal drainase saluran, serta tanggul. Perencanaan pompa harus diperhatikan mengenai tinggi tekan pompa dan pengaruh kehilangan tenaga yang akan mempengaruhi daya pompa yang dibutuhkan.

METODE PELAKSANAAAN Perencanaan Sistem Polder Kota Lama Semarang

Dalam perencanaan sebuah proyek, selain dilakukan perencanaan mengenai dimensi teknis dan anggaran biaya, diperlukan sebuah metode ataupun langkah-langkah pengerjaan agar perencanaan berjalan secara maksimal mengingat dalam pelaksanaan proyek banyak stakeholder yang memiliki banyak pengaruh. Oleh karena itu pada bagian ini akan dibahas metode pelaksanaan pembangunan sistem Polder Kota Lama Semarang.

Metode pelaksanaan yang akan dibahas sebagai berikut:

  1. Pekerjaan Persiapan
  2. Perkerjaan Penggalian Tanah dan Peninggian Tanggul
  3. Pekerjaan Saluran Primer
  4. Pekerjaan Rumah Pompa dan Kolam Retensi
  5. Pekerjaan Saluran Outlet

Perencanaan Sistem Polder Kota Lama Semarang

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here