Internasionalisasi UAJY Tingkatkan Kualitas Mahasiswa

[ad_1]

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kini tengah bersiap menuju world class university. Satu per satu langkah untuk mencapai tahapan tersebut sudah ditempuh. Berbekal predikat akreditasi A yang diperoleh pada 2018 lalu, kini, UAJY semakin melesat dengan menghadirkan Program Internasional baru serta terus berusaha menambah jalinan kerja sama dengan universitas maupun lembaga lain di luar negeri.

Saat ini, UAJY sudah memiliki 5 Program Internasional S-1 meliputi International Industrial Engineering Program (IIEP), International Civil Engineering Program (ICEP), International Business Management Program (IBMP), International Financial Accounting Program (IFAP), dan yang terbaru mulai tahun akademik 2021/2022 mendatang, UAJY menghadirkan International Communication Program (ICP). Dalam pelaksanaannya, perkuliahan Program Internasional dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Program Internasional menawarkan berbagai kesempatan bagi mahasiswanya untuk melakukan student exchange ke perguruan tinggi mitra di luar negeri, magang di perusahaan di luar negeri, maupun sekadar mengikuti program singkat untuk mempelajari bahasa dan budaya di negara tempat dilaksanakannya program tersebut. Selain itu, UAJY menerima mahasiswa asing dari berbagai negara untuk mengikuti perkuliahan di Program Internasional ini. Tidak kalah penting, tenaga pendidik UAJY pun juga dipersiapkan secara matang untuk menyambut world class university.

International Industrial Engineering Program (IIEP)

Program Interasional Teknik Industri mempersiapkan para lulusan dengan wawasan internasional. Makna “internasional” tidak terbatas pada proses belajar-mengajar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, tetapi di program ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan yang bisa meningkatkan atmosfer internasional antara lain student exchange ke luar negeri dan magang di perusahaan di luar negeri. Selain itu, saat ini, Program Internasional Teknik Industri menyelenggarakan Fast Track Program – Bachelor Leading to Master Program (4+1 program) dengan Chang Gung University di Taiwan yang memungkinkan mahasiswa Program Internasional Teknik Industri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi, terutama di  Taiwan.

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, setiap tahunnya Program Internasional Teknik Industri mengundang visiting professor dari perguruan tinggi di luar negeri untuk mengajar. Selain itu, program ini mempunyai short course program yang pesertanya adalah mahasiswa asing dan mahasiswa Program Internasional Teknik Industri, dengan harapan akan tercipta atmosfer akademik internasional dan mahasiswa UAJY dapat berinteraksi dengan mahasiswa dari negara lain. Selain kegiatan akademik, mahasiswa Program Internasional Teknik Industri juga dilibatkan pada kegiatan non-akademik seperti menjadi volunteer atau kepanitiaan yang memungkinkan dapat mengasah soft skill.

International Civil Engineering Program (ICEP)

Program ini diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan Teknik Sipil yang berorientasi global, mampu bersaing pada skala regional maupun internasional, baik dari segi kemampuan maupun wawasan. Untuk itu, mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai standar dominan yang berlaku dalam bidang teknik sipil. Kunjungan lapangan ke berbagai proyek konstruksi di dalam dan luar negeri, serta studi banding ke perguruan tinggi lain di luar negeri diselenggarakan secara berkala. Bahasa Inggris dipergunakan sebagai media komunikasi dalam proses pembelajaran dan interaksi antarmahasiswa, serta antara mahasiswa dengan dosen, staf laboratorium, dan staf administrasi di dalam maupun di luar kelas.

Program Internasional Teknik Sipil UAJY telah bekerja sama dengan National Cheng Kung University Taiwan dalam bentuk Fast Track Program – Bachelor Leading to Master of Engineering, dengan perkuliahan selama 5 tahun akan mendapat gelar Master of Engineering, yaitu 3 tahun berkuliah di UAJY dengan gelar Sarjana dan 2 tahun berkuliah di National Cheng Kung University Taiwan dengan gelar Master of Engineering.

International Business Management Program (IBMP) dan International Financial Accounting Program (IFAP)

IBMP

Program Internasional ini bertujuan menghasilkan Sarjana Manajemen dan Sarjana Akuntansi yang memiliki wawasan global dengan tetap berpegangan pada nilai-nilai budaya, etika dan moral, sehingga mampu untuk bersaing dalam dunia kerja. Untuk menambah wawasan global, IBMP dan IFAP mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri berkaitan dengan student exchange dan Dual Degree seperti Rotterdam Business School, University of Northampton, Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Nanjing Xiaozhuang University, Chang Jung Christian University, dan Assumption University of Thailand.

IBMP dan IFAP UAJY menghadirkan fasilitas penunjang seperti Pojok Bursa Efek yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Bursa Efek Jakarta dan PT Valbury Asia Securities (VAS). Galeri ini ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam memahami secara nyata masalah investasi di pasar modal. Galeri yang dibuka untuk umum ini, juga memberikan kesempatan kepada seluruh sivitas akademika untuk melakukan praktik bertransaksi di bidang efek dan berjangka. Selain itu, terdapat juga kerja sama dengan PT Phintraco Sekuritas.

International Communication Program (ICP)

ICP

International  Communication Program menawarkan pembelajaran mengenai Komunikasi Strategis. Pembelajaran Komunikasi Strategis mencakup marketing communication, corporate social responsibility, sustainable development, visual communication, digital media, intercultural communication, dan public relations.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY yang menaungi ICP sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi mitra di luar negeri untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa melakukan student exchange, mengikuti program Dual Degree di perguruan tinggi mitra, program magang internasional, summer school program, dan mendapatkan kesempatan untuk dibimbing oleh pengajar dari perguruan tinggi mitra. Perguruan tinggi mitra tersebut meliputi Passau University Jerman, Technische Universitat Ilmenau Jerman, Royal Melbourne Institute of Technology University Australia (RMIT), University of Puget Sounds Amerika Serikat, dan Universite de Lille Perancis.

Mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk melakukan magang di perusahaan mitra, seperti Tifa Foundation, Satunama Foundation, Kompas Gramedia, Tokopedia, Delamibrand, John Walter Thompson, Hakuhodo, UNESCO, Association of Community Radio Broadcaster Asia Pacific, SIGAB Foundation, dan Astra Credit Company. [AYA]

[ad_2]

Source link

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *