Definisi dan Berpengaruhnya Penataan Ruang

Definisi dan Berpengaruhnya Penataan Ruang
RTRW Propinsi Rencana Pewilayahan Jawa Timur

Definisi dan Berpengaruhnya Penataan Ruang

Definisi dan Berpengaruhnya Penataan Ruang – Sebelum membahas tentang tata ruang, terlebih dahulu kita harus mengerti definisi tentang ruang.

Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya (UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang)

Setiap ruang yang ada di bumi haruslah diatur agar fungsi dari setiap ruang dapat berjalan dengan baik. 

Tata ruang merupakan wujud dari struktur dan pola ruang. Struktur ruang merupakan susunan pusat-pusat permukiman dan sistem jaringan prasarana dan sara yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang secara hierarkis memiliki hubungan fungsional. 

Sedangkan pola ruang adalah distribusi peruntukan ruang dalam suatu wilayah yang meliputi peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan peruntukan untuk fungsi budidaya. 

Komponen Penataan Ruang

Penataan Tata Ruang Wilayah

Penataan ruang merupakan suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfataan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. Penyelenggaraan penataan ruang bertujuan untuk mewujudkan wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. 

Perencanaan tata ruang dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Proses perencanaan tersebut akan menghasilkan suatu produk tata ruang berupa dokumen, peta, dan peraturan tentang tata ruang.

Peraturan tentang tata ruang yang dimaksud seperti:

  • Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)
  • Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)
  • Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL)

Peraturan-peraturan tersebut menjadi acuan untuk penataan ruang sehingga dapat berjalan dengan tertib dan sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Selanjutnya masyarakat akan terlibat dalam proses pemanfaatan ruang dengan tujuan untuk melaksanakan kegiatan sosial-ekonomi di dalamnya. Dalam proses pemanfaatan ruang masyarakat tetap harus melakukanya sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam peraturan tata ruang.

Kemudian pengendalian pemanfaatan ruang dilakukan untuk mewujudkan tertib tata ruang. Dengan terciptanya tertib tata ruang, maka suatu wilayah akan dapat terus berkembang dan fungsi-fungsi di dalamnya seperti sosial, ekonomi, dan budaya dapat terus berjalan sesuai dengan tata ruang yang telah direncanakan.

Pentingnya Penataan Ruang

Setelah mengetahui tentang penataan ruang, Berdasarkan UU No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, salah satu manfaat dari penataan ruang adalah untuk memperkokoh ketahanan nasional berdasarkan wawasan nusantara serta sejalan dengan otonomi daerah. 

Penataan ruang juga dilakukan untuk meningkatkan sistem rencana tata ruang, pengelolaan pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. Penataan ruang juga berfungsi untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan organisasi penataan ruang daerah agar rencana tata ruang dapat ditaati oleh semua pihak.

Selain itu, penataan ruang penting dilakukan untuk meningkatkan fungsi perlindungan terhadap segala hal yang berada di ruang terebut, Kesalahan dalam penataan ruang dapat menimbulkan dampak yang serius dan dapat berakibat fatal bagi semua makhluk yang ada di dalamnya.Oleh karena itu penataan ruang yang bijaksana dapat menjadi alat yang efektif untuk mencegah kerusakan lingkungan. 

Dampak Adanya Penataan Ruang

Penataan ruang yang dilakukan secara tepat dan bijaksana tentunya akan membawa dampak yang positif terhadap fungsi-fungsi yang berjalan di dalamnya.

Dengan adanya penataan ruang, suatu wilayah juga mampu menyelesaikan permasalahannya, misalnya masalah tentang kepadatan bangunan, sarana dan prasarana, transportasi, tata guna lahan, dan sosial-ekonomi. Penataan ruang yang dilakukan secara konsisten juga akan berdampak pada keteraturan penggunaan lahan yang ada pada suatu wilayah.

Definisi dan Berpengaruhnya Penataan Ruang

Refrensi : Penataan Ruang

Baca Juga : Jurnal Planlogy

2 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *